Cirebon ialah salah satu kota di Jawa Barat yang berbatasan lantas dengan Jawa Tengah. Kota ini memiliki julukan sebagai kota udang, kota petis dan juga kota wali.

CirebonĀ  kota tua yang sarat akan kisah sejarah dengan nuansa religi yang begitu kental. Dimana kawasan ini ialah salah satu sentra penyebaran agama islam oleh para sunan pada masa lampau.

Dengan berbagai keistimewaannya, potensi tamasya Cirebon bahkan kian berbagai. Mulai dari tamasya alam yang memikat, tamasya religi, tamasya sejarah dan kultur serta tamasya edukasi yang benar-benar bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan.

Bukan cuma itu saja, tamasya masakan di Kota Cirebon juga benar-benar menarik untuk di jelajah dan dicicipi satu per satu karna aneka menu dan jajanan khasnya yang menggugah selera.
Tidak mengherankan apabila Pemerintah Daerah menggandeng para pemberi modal untuk meningkatkan infrastruktur yang memadai demi memberikan kenyamanan dalam berlibur.

Termasuk pembangunan objek tamasya baru sebagai upaya untuk meningkatkan infrastruktur yang memadai demi memberikan kenyamanan dalam berlibur.
Pembangunan objek tamasya baru sebagai upaya untuk mengoptimalkan industri pariwisata Cirebon agar kian diminati oleh wisatawan.

Dengan banyaknya destinasi tamasya Cirebon yang bisa dikunjungi, para wisatawan bisa lebih leluasa untuk menghabiskan waktu liburnya di kota yang banyak memilih peninggalan sejarah ini.
Berikut ini daerah tamasya paling hits di Cirebon yang benar-benar recommended untuk dikunjungi :

Telaga Remis Cirebon

Telaga Remis ini berlokasi di Desa Kaduela, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat.. Nama telaga ini berasal dari kerang air tawar yang tumbuh indah di area sekitarnya. Letaknya yang berada di sekitar kaki gunung Ciremai membuat suasana disini benar-benar adem, cocok buat kamu yang ingin memanjakan diri di akhir minggu.
Untuk masuk ke objek tamasya ini, kamu cuma dikenakan biaya sekitar Rp 10.000,00 lalu biaya parkir sebesar Rp 2.000,00.

Telaga Nilem Cirebon

Kecuali Telaga Remis terdapat juga Telaga Nilem yang tak kalah menawannya. Letaknya di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat. Padahal telaga terlihat sempit, melainkan memberikan kesejukan alami pegunungan yang dikelilingi dengan pohon besar, di jamin menyegarkan. Telaga ini tak jauh dari telaga remis, cuma sekitar 500 m. Kondisi di sekitar area yang adem tambah keren dengan keberadaan gazebo untuk istirahat setelah berenang.

Plangon

Plangon berlokasi di tepi sungai pepohonan yang rindang, sehingga benar-benar nyaman untuk diaplikasikan bersantai dan menenangkan diri.
Tapi bukan cuma kesejukan udara dan keindahan alam saja yang disuguhkan disini melainkan juga tingkah lucu monyet-monyet liar yang menghuni plangon. Sebab itu sering disebut taman kera.

Kampung batik trusmi

Disebut kampung batik trusmi sebab ditempat ini lebih dari 3000 orang menggantungkan dengan membuat atau menjual batik.Berkunjung di daerah ini, selain bisa membeli kain batik khas Cirebon dengan berbagai variasi motif dan dengan harga yang lebih murah dibanding di daerah lain.

Pelancong juga bisa belajar membatik pada penduduk setempat atau di berbagai warung yang memberikan fasilitas workshop membatik. Sehingga kampung batik trusmi benar-benar menarik diwujudkan sebagai spot tamasya heritage.

Nah, buat teman-teman jangan lupa mampir kesini ya! Selamat mencoba!